Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah ditanya :
الإفرازات المهبلية التي تخرج من المرأة هل هي نجسة ؟
" Apakah cairan keputihan yang keluar dari wanita najis ?
Beliau rahimahullah menjawab :
الجواب: هذه الأشياء التي تخرج من فرج المرأة لغير شهوة لا توجب الغسل، ولكن ما خرج من مخرج الولد فإن العلماء اختلفوا في نجاسته:
فقال بعض العلماء: إن رطوبة فرج المرأة نجسة ويجب أن تتطهر منها طهارتها من النجاسة.
وقال بعض العلماء: إن رطوبة فرج المرأة طاهرة، ولكنها تنقض الوضوء إذا خرجت، وهذا القول هو الراجح، ولهذا لا يغسل الذكر بعد الجماع غسل نجاسة.
أما ما يخرج من مخرج البول فإنه يكون نجساً؛ لأن له حكم البول والله عز وجل قد جعل في المرأة مسلكين: مسلكاً يخرج منه البول، ومسلكاً يخرج منه الولد، فالإفرازات التي تخرج من المسلك الذي يخرج منه الولد، إنما هي إفرازات طبيعية وسوائل يخلقها الله عز وجل في هذا المكان لحكمه،
وأما الذي يخرج من ما يخرج منه البول، فهذا يخرج من المثانة في الغالب، ويكون نجساً والكل منها ينقض الوضوء، لأنه لا يلزم من الناقض أن يكون نجساً؛ فها هي الريح تخرج من الإنسان وهي طاهرة، لأن الشارع لم يوجب منها استنجاء، ومع ذلك تنقض الوضوء. مجموع فتاوى ابن عثيمين (11/284)
" Sesuatu yang keluar dari farji wanita tanpa ada syahwat tidak mewajibkan mandi akan tetapi apabila yang keluar tersebut berasal dari tempat keluarnya anak maka ulama berbeda pendapat apakah najis atau tidak :
berkata sebagian ulama : sesungguhnya cairan keputihan yang keluar dari farji wanita najis dan wajib atasnya untuk bersuci sebagaimana bersuci dari najis. Dan berkata sebagian ulama : sesungguhnya keputihan yang keluar dari kemaluan wanita suci akan tetapi membatalkan wudhu apabila keluar, dan pendapat ini adalah pendapat yang kuat. Dan dibangun diatas pendapat ini tidaklah dia mandi sebagaimana mandi ketika jima untuk menghilangkan najisnya.
berkata sebagian ulama : sesungguhnya cairan keputihan yang keluar dari farji wanita najis dan wajib atasnya untuk bersuci sebagaimana bersuci dari najis. Dan berkata sebagian ulama : sesungguhnya keputihan yang keluar dari kemaluan wanita suci akan tetapi membatalkan wudhu apabila keluar, dan pendapat ini adalah pendapat yang kuat. Dan dibangun diatas pendapat ini tidaklah dia mandi sebagaimana mandi ketika jima untuk menghilangkan najisnya.
Adapun yang keluar dari tempat keluarnya kencing maka dia najis, karena dihukumi sebagai kencing dan Allah azza wa jalla telah menjadikan bagi wanita dua jalan, jalan keluarnya kencing dan jalan keluarnya anak. Adapun keputihan yang keluar dari jalan keluarnya anak maka hal tersebut tabiat dimana Allah telah ciptakan wanita diatasnya.
Sedangkan yang keluar dari tempat keluarnya kencing maka berasal dari kandung kemih ( secara umumnya ) dan dia najis dan membatalkan wudhu akan tetapi tidaklah melazimkan yang membatalkan wudhu sesuatu yang najis, sebagaimana contoh : angin yang keluar dari manusia ( kentut ) dia suci dikarenakan syariat tidak mewajibkan atasnya untuk istinja bersamaan dengan itu ( kentut - pent ) membatalkan wudhu. "
Sumber : Majmu Fatawa 11/284 karya Syaikh Ibnu 'Utsaimin rahimahullah.